Your search results

Property Batam Mencakar Langit

Posted by property on 08/29/2019
| 0
aston
one resident
habour bay
mansion

Batam Tengah menuju kota pencakar langit dalam tahun terakhir ini, Batam menjadi incaran pengembang para investor property, kebanyakan mereka berasal dari jakarta dan negeri tetangga seperti singapura dan malaysia, dan investor local batam.

Bukan lagi membangun rumah, tetapi yang di incar adalah pasar pekerja kelas menengah yang berkerja di area kota dan yang ingin tinggal di apartement.

Dalam catatan property batam, setidaknya ada 10 – 15 pengembang yang sedang membangun dan memasarkan produk unggulan mereka yaitu apartement.

Dari beberapa pengembang ini bisa di hitung berapa jumlah tower yang sedang di bangun.

Investor local membangun mono tower, pemodal nasional dan multinasional mengembangkan 2 – 3 tower, bahkan jaringan international membangun – 5 tower sekaligus.

Dalam hitungan property batam, jumlah unit yang di bangun total sekitar 14 ribu unit. Data2x tersebut di peroleh dari brosure yang di pasarkan oleh masing2x pengembang dengan jumlah tower dan unit yang mereka pasarkan

Ini belum termasuk yang sudah di huni dan di bangun sebelumnya. 2-3 tahun yang lalu. Waktu itu unit yang di kembagkan sudah sekitar antara kurang lebih 1000 unit.

Kami asumsi pukul rata harga per unit apartement sekitar 500jt, maka nilai investasi total para pegembang tersebut adalah sekitar 7 Trilliun.

Nilai investasi tersebut hampir 3 kali lipat dari ang negara yang di putar oleh pemerintah kota batam.

Anggaran pendapatan daerah kota batam mencapai 2.3 Trilliun, Itu belum termasuk dampak ekonomi dari hasil pembangunan apartement tersebut yang sebagian besar menyasar pasar domestik.

Pengembang menyediakan cara agar warga negara asing bisa memiliki unit apartement tersebut secara legal. Dampaknya cukup besar mengingat negara tetangga singapura yang dekat dengan kota Batam memiliki nilai harga property yang jauh lebih mahal di bandingkan kota batam.

Sebagai info jumlah penduduk kota batam saat ini adalah 1.3 juta, sedangkan expart (pekerja asing) mencapai 3500 orang. Berdasarkan data dari disnaker batam hingga juni 2019. Jumlah perkerja yang mencari pekerjaan mencapai 350 ribu orang. Rata2x mereka berkerja di PT, sebagian besar berkerja di perusahaan aliansi international industri manufaktur, perdagangan dan jasa.

Menurut wali kota batam rudi, pertumbuhan kota batam mulai membaik walaupun dalam sekala kecil saat ini. Hal ini dapat di lihat dari jumlah investor dan pengembangan property khususnya Apartement makin meningkat dan menjamur. Ekonomi Batam akan membaik dalam jangka waktu 5 Tahun kedepan.

Sebelumnya manager reset dan konsultasi jakarta coldwell banker commersial angra angreni sebelumnya mengatakan bahwa di batam kemungkinan besar mayoritas yang akan membeli property tipe apartement tersebut adalah warga asing, seperti singapura, malaysia, amreika, jepang, german,

Selama ini investor asing memang masih terpusat di batam. Lokasi strategis yang dekat dengan negara tetangga seperti singapura dan malaysia menjadi daya tarik kota batam tersebut.

Adapaun pangsa pasar investasi di batam dari asia tenggara mencapai 60%, dan di antara investor tersebut mayoritas berasal dari singapura, china dan malaysia.

Khusus di batam warga asing bisa membeli dan memiliki property berupa HAK GUNA BANGUNAN (HGU), mereka di perbolehkan untuk memiliki property yang di atas harga 750jt, process tersebut investor akn di berikan sejenis surat kuasa dari pengembang bahwa investor asing tersebut boleh membeli apartement.

Apartement dalam Process pembangunan

Sebagian besar apartement dalam process pembangunan saat ini, ada yang processnya hampir sudah selesai di bangun. Pertumbuhan ekonomi di batam saat ini sekitar 4.2% sedangkan di singapore justru hanya 1%.

Konsep pengembang rata2x mix used seperti apartement, shopping, entertaiment & office. Sebagian besar masih berpusat antara batam center dan di jantung kota seputar nagoya.

Sebagian developer mulai mengincar dan membangun property di batu aji, nongsa.

Manager marketing SP apartement, di sagulng dengan bangga memperkenalkan apartement mereka yang pertama akan di bangun di daerah tersebut.

Tahun 2022 Batam akan menjadi kota pencakar langit yang memiliki bangunan2x tinggi. Persaingan semakin ketat, pasar mayoritas menegah dan yang tinggal di daerah perkotaan bisa memiliki property dengan harga hanya 300 jt an.

Ada sebagian developer mulai menyasar pangsa pasar menengah ke atas. yang memasarkan produk senilai 500jt ke atas hingga 2M.

Di lapangan progress yang terlihat dari beberapa pengembang tersebut rata2x sudah mencapai 50%. Pengembang seperti cipta group contohnya, sudah sukess menjual 300 unit apartement yang mereka sajikan.

Menurut Pengembang, sekitar 60% apartement tersebut dibeli oleh warga local batam, sementara sisa 40% adalah warga negara asing seperti singapura.

Apartement cipta sky park ini (cipta group) optimis bakal sanggup menyelesaikan pembangunan mereka di akhir tahun 2022. Sama halnya seperti Agung Podomoro Land, Pengembang tersebut juga menyatakan sekitar 65% penjualan unit mereka berasal dari warga local batam, dan sisanya berasal dari warga asing seperti singapura.

Perlu di garis bawahi bahwa property di batam bukan sekedar tempat tinggal, tapi juga sebagai investasi jangka panjang yang meggiurkan baik untuk di sewakan ataupun di jual belikan.

Dengan letak kota batam yang strategis dan mobilitas penduduk yang tinggi, maka investasi property sangat menggiurkan.

Sumber Property Batam, Tribun 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Compare Listings